Senin, 14 Maret 2016

Contoh RPP Materi Perbandingan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SMPN 3 OKU
Mata Pelajaran               : Matematika
Kelas/ Semester               : VIII/1I
Materi Pokok                  : Perbandingan
Alokasi Waktu                : 10 Menit


A.      Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar:
3.12 Memahami konsep perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik, dan  persamaan
4.2   Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.      Membedakan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai.
2.      Menyelesaikan permasalahan nyata perbandingan senilai dan berbalik nilai.




D.   Tujuan Pembelajaran:
Dengan Pendekatan saintifik dan model pembelajaran discovery learning, Siswa diharapkan dapat :
1.    Jika di berikan contoh perbandingan senilai dan contoh perbandingan berbalik nilai siswa dapat mengidentifikasi contoh perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai tersebut dengan tepat.
2.    Berdasarkan pengalaman sehari-hari siswa dapat menyebutkan contoh perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai minimal 1.
3.    Jika di berikan masalah nyata tentang perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai siswa dapat menyelesaikannya.

E.   Materi Pembelajaran:
Konsep Perbandingan, Membedakan masalah perbandingan dan bukan perbandingan

F.   Model dan Metode Pembelajaran:
Pendekatan  Pembelajaran : Pendekatan Saintifik (Scientific)                      :
Model Pembelajaran         :  Discovery Learning
Metode Pembelajaran       :  Diskusi kelompok, tanya jawab

G.   Sumber Belajar:
1.      Buku matematika pegangan siswa kls VIII, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
2.      LKS

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
a.                    Kegiatan Pendahuluan (2 menit)
1.        Mengkondisikan siswa untuk siap belajar, berdoa dan mengabsen siswa
2.        Mengatur ruang kelas sedemikian sehingga siswa terbagi dalam kelompok belajar (4 atau 5 siswa perkelompok)
3.        Pada awal pertemuan Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari oleh siswa dan menanyakan tentang apa itu perbadingan.
4.        Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menyampaikan kegunaan materi yang akan di pelajari agar siswa tertarik untuk mengikuti pelajaran.
5.        Pembagian LKS dan membimbing siswa mendiskusikan dan mengisi LKS. Bimbingan dengan menggunakan prinsip scaffolding, yaitu memberikan arahan yang bersifat memancing kreatifitas siswa.
b.                    Kegiatan Inti (7 menit)
1.      Stimulation
Guru menyuruh setiap kelompok membaca petunjuk dan memahami, serta mengajukan  pertanyaan atau masalah  yang ada pada LKS untuk dipecahkan siswa dan mendorong ekspolarasi siswa, berupa:
Mengidentifikasi beberapa bentuk perbandingan apakah perbandingan senilai atau perbandingan berbalik nilai.









2.    problem Statement
Guru menyuruh siswa untuk memberikan alasan dalam bentuk pernyataan, bahwa:
a.        Perbandingan senilai karena ukuran A semakin besar, dan ukuran B juga semakin besar.
b.        Perbandingan berbalik nilai karena ukuran A semakin besar, dan ukuran B semakin kecil atau sebaliknya.
3.    Data Collection
Memberikan kesempatan pada siswa untuk membaca dan memahami LKS, mengamati contoh sebelumnya dan berdiskusi dalam kelompok, serta menentukan contoh dari perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.
Salah satu bagian data collection pada LKS :




4.    Data Processing
a.         Memantau siswa untuk melakukan penemuan dengan menggunakan LKS yang telah disediakan.
b.        Melalui pertanyaan-pertanyaan pada LKS yang menggiring ke arah penemuan konsep perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai, dalam diskusi kelompok siswa diminta menyelesaikan masalah menurut cara mereka masing-masing
5.    Verification
Guru   meminta   siswa    memeriksa secara cermat untuk  membuktikan benar atau tidaknya pernyataan dan alasan yang ditetapkan di awal.
6.    Generalization
Setelah memverifikasikan dugaan atau jawaban sementara mereka sebelumnya, guru meminta siswa menyampaikan hasil temuan mereka dan hasil verifikasi mereka.





c.         Kegiatan Akhir (1 menit)
a.       Memberikan tugas rumah sebagai tindakan lanjut dari proses pembelajaran di kelas.
b.      Memberikan penjelasan kepada siswa untuk dapat mempelajari materi pelajaran yang akan diberikan pada pertemuan berikutnya.









I. Penilaian Hasil Pembelajaran:
1.       Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Pengamatan terhadap sikap menghargai dalam kelompok
b.      Menunjukan sikap kritis dalam pembelajaran
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Mengidentifikasi contoh perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
b.      Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai.

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai dala menyelesaikan masalah nyata

Pengamatan

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
                                                 











J.  Instrumen Penilaian (terlampir)
  1. Instrumen Penilaian Sikap

PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas                           : VIII / I
Tahun Pelajaran       : 2015/2016
Topik                          : Perbandingan
Waktu Pengamatan  : Saat kegiatan berlangsung

Petunjuk:
1.   Fokus sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran pertemuan ini adalah memiliki Sikap Menghargai dan Kritis dalam pembelajaran
2.    Kriteria Sikap Menghargai
Sangat baik jika Mendengarkan pendapat siswa lain dan memberikan respon umpan balik
Baik jika Mendengarkan pendapat siswa lain
Kurang Baik jika Mrngabaikan pendapat siswa lain dan ingin bekerja sendiri.

3.   Kriteria Sikap Kritis
Sangat baik jika Sering bertanya dan mengajukan pendapat dalam pembelajaran
Baik jika Sesekali bertanya dan mengajukan pendapat
Kurang jika tidak pernah sama sekali bertanya dan mengajukan pendapat
.
NO
Nama
Rasa ingin tahu
Konsisten dan teliti
SB
B
KB
SB
B
KB
1







2







3








...







SB = sangat baik    B = baik    KB = kurang baik
2.  Instrumen Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis
Soal
Jawaban
Skor
1.        




















3.  Instrumen Penilaian Keterampilan

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : VIII/II
Tahun Pelajaran           : 2014/2015
Waktu Pengamatan     : 2 x 45 menit
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Barisan Aritmatika.
1.      Kurangterampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip Perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
2.      Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip Perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
3.      Sangat terampill jika dapat menerapkan konsep/prinsip Perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10
.
.
.




Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil



0 komentar:

Posting Komentar